Search This Blog

Sanlat & Bukber SMK Telkomunikasi Telesandi 1440 H

Wednesday, May 29, 2019

Pesantren Ramadhan 1440 H SMK Telekomunikasi Telesandi
Uji level, lanjut ujian kenaikan kelas. Belum lagi ujian susulan. Disambung lagi dengan remedial. Ada lagi tugas mengumpulkan jurnal. Semua diberi waktu oleh pihak sekolah. Bahkan sampai agenda Pesantren Ramadhan alias bahasa kerennya Sanlat (Pesantren Kilat.. Jegeeerrrr( 〇□〇) ), masiiiih aja ada yang remedial. Tapi tak mengapa, karena itu merupakan kenangan - kenangan yang mungkin suatu saat akan menjadi kenangan tak terlupakan (karena saking banyaknya tugas.. hehehe)


Hari Senin lalu, di sekolah tempat gue mengabdi (cieee bahasanya 'mengabdi' :D) ngadain agenda tahunan sebelum masuk libur panjang Idul Fitri 1440 H. Alhamdulillah... Pikiran bisa sedikit fresh setelah full 2 minggu bertempur dengan tugas2 plus ujian. ╥﹏╥

(Loh.. siapa bilang ini udah fresh?, wong masih ada yang remedial .. ). Itu sih namanya DL... alias Derita Loe.. :D

Kalau gue jaman SMA doeloe. Remedial diadakan selalu pas agenda lomba antar kelas. Mana kelas gue dulu dari 30an siswa, cowonya cuman ber-7 lagi. So, lomba voli putra, basket putra, futsal putra semuanya di bablas. Maka dari itu, setiap cowo di kelas gue berusaha dengan sepenuh tenaga biar ngak remedial. (T▽T)

Sekalinya ada yang remed, so pasti bakal kehilangan momen buat ikut lomba yang kalau kata anak dulu merupakan lomba yang paling bergensi. Apalagi kelas gue dulu cowonya cuman ber-7. Sekalinya ada yang remed, walaaahhh. Bisa kelabakan kita.

Oke, balik lagi ke cerita awal.

Pesantran Ramadhan SMK Telekomunikasi Telesandi ini mulai dari jam TUJUH pagi. Diawali dengan shalat dhuha dan tadarus. Persis sama seperti kegiatan pembelajaran sehari - hari. Dimana setiap sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, para siswa di arahkan untuk shalat dhuha dan tadarus dulu setiap paginya. Masya Allah, suatu kebiasaan yang baru gue temukan di sekolah kejuruan umum. Satu kata buat ini.. "MUANTAP". Semoga bisa terus konsisten dan membuat siswa jadi membiasakan diri dalam ibadah sunnah terutama wajib. :D

Karena masuk seperti KBM alias Kegiatan Belajar Mengajar. Seperti biasa ada absen yang harus siswa isi di wali kelas masing - masing.

Para wali kelas sedang men-cek registrasi siswa
Berhubung gue masih newbie, gue memilih tidak banyak tingkah (emang selama ini banyak tingkah ya? XD). Jadilah gue fotografer amatir kelas tinggi, untuk sekedar dokumentasi sekaligus reportase ala - ala anak muda buat di posting di blog ini. (─‿─)

Agenda pertama yang gue lihat dalam pesantren ramadhan SMK Telekomunikasi Telesandi ini adalah santunan untuk anak - anak yatim dan dhuafa di sekitar lingkungan SMK. Masya Allah. Dana santunan ini di dapat dari dana infaq jumat maupun zakat para siswa dan siswi SMK Telekomunikasi Telesandi. Semoga infaq dan zakatnya di terima di sisi Allah, dan baik yang menerima maupun memberi selalu dalam berkah dan rahmat dari Allah SWT. Amin..

Proses santunan anak yatim dan dhuafa
Selepas santunan anak yatim dan dhuafa, lanjut dengan tadarus bersama. Dalam tadarus bersama ini, siswa di kelompokkan kedalam 30 grup. Satu grup terdiri dari 10 orang, dengan masing - masing orang membaca sekitar 1 lembar. Masya Allah, berasa kayak anak madrasah dah ini. (kan emang madrasah.. "madrasah tsanawiah mihnia" artinya Sekolah Menengah Kejuruan =ssttt.. habis liat google translate dulu.. hehehe)

Tadarus Bersama (Pesantren Ramadhan SMK Telekomunikasi Telesandi)
Ada lagi materi mengenai Aqidah dari pak Agus dan bu Ahmariya yang mantap. Belum lagi ketika masuk moment ice breaking oleh bu Esty dan pak Fajar. Siswa jadi semakin gandeng eeuuyyy. Maklum banyak quiz berhadiah.. (●>ω<●)

Momen games bersama bu Esty
Siswa sedang menjawab quiz dari pak Fajar
Serangkaian kegiatan pesantren ramadhan akhirnya selesai sekitar pukul 2 siang. Siswa pun di ijinkan untuk pulang. Sementara gue? adalah kita diskusi ringan pengenalan mendalam mengenai SMK Telekomunikasi Telesandi bersama Ust Jamroni dan Ust Subur. hehehe... (dampaknya, buluk kuduk rada merinding dikit.. (⊃д⊂)

Lanjut pada ke esokkan harinya, sebelum libur panjang Idul Fitri. SMK Telekomunikasi Telesandi ada 1 kegiatan lagi. Iftar Jama'i alias bukber alias buka 'puasa' bersama alias makan ta'jil alias tambah nasi alias tambah minum alias tambah foto - foto. (buanyak bener ini aliasnya. XD)

Pada kesempatan ini, agenda dimulai sejak pukul 2 siang. Tapi gue baru datang sekitar jam setengah lima sore. he.he.he.. (ini bukannya gue males ya sob. Tapi emang butuh istirahat karena sedang radang tenggorokan. Plus memang rada males sedikit. Plakkkk... XD)

Karena gue datengnnya agak sore. Yaudah deh lanjut langsung foto ta'jil beserta gorengan - gorengan pendamping wajib para penikmat buka puasa di Indonesia. (Tapi jangan sering - sering makan gorengan ya sob. Kenapa? silakan tanya orang tua sobat yang lebih tau.. (^^)b

nih foto ta'jilnya :

Takjil - takjil

takjiillll

gorengan atau takjil?
Oh ya, agenda buka puasa bersama ini di dahulukan dengan sholat sunnah dan sholat ashar berjamaah nih sob. Muantap kan?. Lanjut pas gue sampe, lagi materi bareng ketua DKM Masjidnya. Lanjut hiburan hadrah? kan ya? (maklum, masih bingung bedakan hadrah dengan marawis.. (⊙_◎)

Nah ada lagi ini foto, Ust Jamroni lagi masuk TeVe. Live lagi. Keren dah. Kalau kata upan ipan mah "Terbaaaiiiikkk....". :D

Ust Jamroni masuk TV
Ngak percaya Ust Jamroni masuk TV??. Nih gue ada buktinya..

Nih Bukti masuk TeVe.. :D
Next, acara utama. Yaitu Buka Puasa Bersama. Iyeeyyy.. eh salah. Harusnya "Alhamdulillah". Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempatan bagi kami karena lidah ini masih bisa menikmati manisnya teh kotak dalam kemasan. (jangan kebanyakan ya, nanti batuk - batuk baru tau rasa... uhuk - uhuk.. Ngak bisa nyicip karena lagi radang..(T▽T) )

Rehat setelah solat tarawih
Acara Iftar Jama'i ini ditutup dengan shalat Isya plus shalat tarawih secara berjamaah, plus salam - salaman antara siswa dengan para guru.

Alhamdulillah, semoga setelah salam - salaman ini. Para siswa, guru beserta staf SMK Telekomunikasi Telesandi dapat menjalani Idul Fitri dengan penuh keberkahan dari Allah SWT. Dan bagi yang mudik, semoga Allah sehatkan dan selamatkan dalam perjalanan ke kampung maupun ketika kembali lagi ke rumah. Amin..

Oke, sampai di sini dulu postingan kali ini. And See You On The Next Post. :D

You Might Also Like

0 komentar

Yuk tingalin Jejakmu di sini :D

Total Pageviews

Tweet2 :D

Followers

Komunitas Blogger UNJ